PENGENALAN SISTEM INFORMASI DAN STRATEGI ORGANISASI

  1. Apa pentingnya sistem informasi
Sistem adalah satu kesatuan yang terdiri dari bagian yang berkaitan antara satu sama lainnya untuk mecapai suatu tujuan tertentu seperti halnya suatu organisasi atau perusahaan. Akan tetapi keberhasilan suatu organisasiatau perusahaan tergantung kepada orang yang mengelolanya. Terdirinya suatu sistem meliputi beberapa elemen, seperti masukan, pengolahan, dan pengeluaran. 

Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna dan menjadi berarti bagi penggunanya. Pentingnya suatu informasi adalah untuk mengurangi ketidak pastian didalam suatu proses pengambilan keputusan tentang suatu keadaan. Suatu informasi akan bernilai bila manfaatnya lebih efektif. 
   
     2.   Apa dampak teknologi terhadap organisasi dan peranan sistem organisasi 

Dampak teknologi terhadap organisasi adalah

  IT mengurangi jumlah middle manager. Teknologi Informasi membuat para manajer dapat bekerja lebih cepat dan menangani beban kerja lebih banyak. Sehingga dapat diasumsikan, organisasi mendatang akan membutuhkan jumlah manajer dan pegawai yang lebih sedikit
  IT mengubah pekerjaan manajer. Salah satu tugas utama seorang manajer adalah membuat keputusan. Dengan adanya IT, manajer dapat disuguhkan berbagai informasi secara real-time, sehingga mereka harus membuat keputusan lebih cepat, sehingga tekanan pekerjaan menjadi lebih tinggi. Namun, disisi lain IT menyediakan berbagai macam tools, yang dapat membantu para manajer dalam menangani informasi yang masuk. Contohnya, aplikasi business intelligence seperti dashboard, search engines dan intranet
 IT dapat mengurangi tenaga kerja. Perangkat komputer, secara terus-menerus berkembang dalam sisi “kepintaran” dan “kemampuan”. Keunggulan kompetisi (competitive advantage) untuk mengganti manusia dengan mesin meningkat secara signifikan. Walaupun IT dapat membuka lapangan kerja baru namun tingkat pengurangan tenaga kerja juga mengalami kenaikan  IT memberikan dampak pada para pekerja di tempat kerja. Penggunaan peralatan teknologi dapat mempengaruhi timbulnya stres pada pekerjaan dan penggunaan keyboard dalam jangka panjang. Stres disebabkan karena beban kerja yang semakin meningkat serta bertambahnya tanggung jawab yang dilimpahkan oleh pihak perusahaan. Penggunaan keyboard dalam jangka panjang dapat berdampak pada ketegangan otot di lengan serta jari, dan juga menyebabkan sakit punggung. Hal ini mendorong para desainer untuk menciptakan peralatan ergonomi yang dapat mengurangi dampak tersebut. Akan tetapi, IT juga dapat membuka kesempatan bagi mereka yang memiliki keterbatasan (people with disabilities). Contohnya, individu yang tidak dapat mengetik dengan jari tangannya, bisa menggunakan teknologi voice-operated keyboard. 

Peranan sistem informasi 

Peran utama Sistem informasi

  1. Mendukung Operasi Bisnis . Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistim informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi/kegiatan bisnis sehari-hari. Ketika tanggapan/respon yang cepat menjadi  penting, maka kemampuan Sistim Informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi keberbagai fungsi bisnis menjadi kritis/penting .
  2. Mendukung Pengambilan Keputusan Managerial.  Sistem informasi dapat mengkombinasikan informasi untuk membantu manager menjalankan menjalankan bisnis dengan lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem Informasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih bermakna.
  3. Mendukung Keunggulan Strategis. Sistim informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran strategis perusahaan dapat men-ciptakan keunggulan bersaing  di pasar

Peranan sistem informasi
  1. Meningkatkan pelayanan secara global/menyeluruh antara lain
  2. Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global (melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar global= 1. pengawasan tingkat pelayanan dan tingkat biaya,  pelayanan penyebaran informasi dengan menggunakan global network. 2. perencanaan strategi peruahaan dan kebijakan (mengetahui selera konsumen, peluang pasar di tempat lain. 3. pengambilan keputusan untuk pengembangan produk dan ekspansi (dgn adanya strategi perusahaan maka akan bisa mengembangkan produk dan mapu bersaing di pasar global dan terbetnuk kelompok kerja yang meluas dn membentuk sistem delivery yang luas) 
  3.  Mampu bersaing di pasar global = (terjadinya perdagangan bebas, mengetahui peluang pasar, pemanfaatan internet.
  4. Membentuk kelompok kerja yang luas = ( merger dengan perusahaan lain, perusahan pusat dengan cabang)
  5. Membentuk sistem delivery yang meluas = ( adanya perwakilan2 delibvery disetiap cabang, dibentuk pelaksanaan transaksi melalui internet)
  6. Melakukan perubahan ekonomi industri (menyediakan informasi dan pengetahuan berbasis ekonomis = mengetahui daya beli masyarakat, mengetahui informasi seperti kurs valuta asing sehingga memudahkan pengambilan keputusan dalam hal pembelian bahan baku, jumlah produksi, tingkat keamanan suatu negara mempengaruhi daya beli masyarakat, bencana alam juga mempengaruhi tingkat pembelian masyarakat sehingga mempengaruhi exprot kita
  7.  Meningkatkan produktivitas = ( perencanaan jadwal kerja, perencanaan jumlah produksi, mengurangi waktu menganggur)
  8.  Meningkatkan produk dan pelayanan yang inovatif dan kreatif.= peningkatan daya saing kita lihat dari jasa informasi, mengetahui selera masyarakat, meningkatkan kepuasan pelanggan.
  9. Menyediakan informasi secara global (meningkatkan komunikasi dan analisis perdagangan dalam skala global = mempersingkat proses produk, kita melakukan analisis2 melalui SWOT pesaing, bahan baku yang sama tapi harga yang lebih rendah akan meningkatkan penjualan ini dapat terjadi karena proses produk dapat di persingkat
  10. Menyediakan pelayanan selama 24 jam = internet, mobil banking, layanan hotline 
3.   Apa keuntungan teknologi pada organisasi 

Memperingan dan mempercepat pekerjaan 
  • Pada umumnya, teknologi memang lebih cepat dalam melakukan aktivitas perusahaan baik dalam bidang produksi maupun lainnya. Sehingga dengan adanya teknologi, perusahaan lebih cepat dan efisien dalam menyelesaikan aktivitasnya.   
Dapat digunakan sebagai sarana pemasaran atau promosi 
  • Kini teknologi sudah semakin berkembang dan digunakan oleh masyarakat mendunia, hal itu dapat dijadikan lahan promosi bagi perusahaan untuk mempromosikan produknya melalui teknologi internet yang kini dapat diakses dengan mudah. 

Mempermudah komunikasi dengan perusahaan lain untuk menjalin kerjasama

  • Dengan adanya teknologi, komunikasi antar perusahaan pun menjadi lebih mudah tanpa harus tatap muka sekalipun. 
Memudahkan mencari informasi mengenai bisnis perusahaan
  • Ini merupakan dampak dari adanya teknologi internet yang memudahkan perusahaan mencari segala informasi apapun yang memang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut untuk melakukan aktivitasnya.
4.   Sistem informasi untuk kebutuhan kompetitif
  • Profesor Harvard Michael E. Porter adalah orang yang paling sering dikaitkan dengan topic keunggulan kompetitif.
  • Porter yakin bahwa sebuah perusahaan meraih keunggulan kompetitif dengan menciptakan suatu rantai nilai. Margin adalah nilai dari produk dan jasa perusahaan setelah dikurangi harga pokoknya, seperti yang diterima oleh pelanggan perusahaan. Perusahaan mencintakan nilai dengan melakukan apa yang disebut oleh porter sebagai aktifitas nilai. Aktifitas nilai terdiri atas dua jenis yaitu utama dan pendukung.
  • Keunggulan kompetitif adalah keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan dimana keunggulannya dipergunakan untuk berkompetisi dan bersaing dengan perusahaan lainnya untuk meningkatkan value (nilai) perusahaan baik dalam hal peningkatan laba maupun citra perusahaan. Contoh perusahaan-perusahaan telekomunikasi berusaha untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya dengan cara berkompetisi sesuai dengan keunggulan yang dimilikinya.
  • Dalam upaya  mencapai keunggulan kompetitif, perusahaan harus  menghadapi tantangan bahkan  tekanan-tekanan internal dan eksternal perusahaan. Salah satu pendekatannya adalah bagaimana mengefektifkan potensi sumberdaya yang ada, bisa melalui peningkatan kualitas produk dan layanan kepada pelanggan, maupun melalui pemanfaatan kemajuan teknologi informasi.
  • Strategi bersaing merupakan upaya mencari posisi bersaing yang menguntungkan dalam suatu industry. Strategi bersaing bertujuan membina posisi yang menguntungkan dan kuat dalam melawan kekuatan yang menentukan persaingan dalam industri. 
  • Kompetisi merupakan karakteristik positif dalam bisnis, persaingan alami dan sehat adalah pendukung majunya suatu pasar. Persaingan ini mendorong upaya untuk mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar, oleh karenanya diperlukan kemampuan kompetitif yang signifikan pada berbagai bagian dari perusahaan. Hal ini ditujukan untuk menjaga bisnis terhadap ancaman pendatang baru.

5.  Strategi kompetitif dan sistem informasi strategi

  • Strategi kompetitif

·       Pengertian strategi kompetitif

Strategi kompetitif adalah pencapaian posisi kompetitif yang diidamkan dalam industri, tempat dimana industri berada. Tujuan strategi kompetitif adalah menciptakan keuntungan dan posisi yang mendukung dalam melawan kekuatan yang menentukan persaingan industri


  • Sistem Informasi strategi

·       Pengertian Sistem Informasi Strategis

Sistem Informasi Strategis adalah dukungan terhadap  sistem informasi komputer yang digunakan pada tingkat organisasi yang mengubah tujuan operasional, produk jasa dan hubungan lingkungan untuk membantu organisasi. Sedangkan menurut Martin (1994), Sistem Informasi Strategis adalah alat untuk mengimplementasikan strategi dengan menggunakan informasi, pengolahan informasi dan komunikasi informasi. Menurut Laudon(1997), Sistem Informasi Strategis adalah sistem komputer yang digunakan pada setiap tingkatan organisasi yang mengubah tujuan operasional, produk jasa dan hubungan lingkungan  untuk membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif.


·       Pengaruh  Sistem Informasi Strategis

Ada dua pengaruh penerapan Sistem Informasi Strategis yaitu:


 1.Pengaruh Bersaing
Pengaruh bersaing adalah pengaruh secara langsung berdampak pada kemampuan bersaing kelompok. Sistem Informasi Stretegis ini mempu menciptakan aliansi dengan pelanggan, yang dapat menimbulkan biaya bagi pelanggan untuk berpaling ke pesaing atau menimbulkan biaya bagi pesaing baru untuk masuk pasar.



·       Berikut beberapa pengaruh Bersaing Sistem Informasi Strategis:


a.siklus perkembangan produk

b.memperkuat kualitas produk

c.kelompok penjualan dan dukungan penjualan

d.otomatisasi siklus pesanan

e.pengurangan biaya kantor

f.management saluran produk dan persediaan

g.pengurangan level management

h.penguatan tampilan produk dna ancaman terhadap produk pengganti


2.Pengaruh Industri
Pengaruh Industri adalah pengaruh yang secara permanen mempengaruhi sifat bisnis pada industri tertentu. Pengaruh-pengaruh ini meliputi seluruh industri pemasok dan beberapa pelanggan. Berikut Pengaruh Industri Sistem Informasi Strategis :

a.sistem produk dan jasa

b.siklus hidup produk

c.skop geografis

d.skala ekonomis pada produksi

e.perpindahan dalam tempat nilai tambah

f.kekuatan menawar dari pemasok

g.penciptaan berbisnis baru



·       Sistem Informasi Untuk Keuntungan Strategis

Sistem informasi dapat memainkan peran yang besar dalam mendukung tujuan strategis dari sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan dapat bertahan dan sukses dalam waktu lama jika perusahaan itu sukses membangun strategi untuk melawan kekuatan persaingan yang berupa :

persaingan dari para pesaing yang berada di industri yang sama, ancaman dari perusahaan baru,

ancaman dari produk pengganti, kekuatan tawar-menawar dari konsumen dan kekuatan tawar-menawar dari pemasok.


Beberapa strategi bersaing yang dapat dibangun untuk memenangkan persaingan adalah


1. Cost leadership (keunggulan biaya) yaitu menjadi produsen produk atau jasa dengan biaya rendah.

2. Product differentiation (perbedaan produk) yaitu mengembangkan cara untuk menghasilkan produk atau jasa yang berbeda dengan pesaing.

3. Innovation yaitu menemukan cara baru untuk menjalankan usaha, termasuk di dalamnya pengembangan produk baru dan cara baru dalam memproduksi atau mendistribusi produk dan jasa.

Sistem informasi manajemen (SIM) dapat menolong perusahaan dalam

a.      Meningkatkan efisiensi operasional

b.      Memperkenalkan inovasi dalam bisnis dan

c.      Membangun sumber-sumber informasi strategis


·       Peranan Strategis Sistem Informasi 

a.Penggunaan teknologi informasi untuk menghasilkan produk, layanan
    b.Meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitifnya
c.Membantu perusahaan dalam menghadapi pasar global



·       Contoh Penggunaan Sistem Informasi (Teknologi Informasi) Untuk Menerapkan Strategi Kompetitif


1. Biaya rendah :
* Sentralisasi dalam pembelian
* Pengawasan yang lebih efektif
2. Menciptakan perbedaan :
* Analisis kebutuhan pelanggan berbasis komputer
* Customer online shipment tracking
3. Inovasi :
* Customer order entry
* Online package tracking

4Mendorong pertumbuhan :
* Jaringan telekomunikasi global
* POS inventroy tracking
* Meningkatkan kualitas dan efisiensi

Comments

Popular Posts